NURHUDA (38)
DARI ES CENDOL KELILING JADI PENGUSAHA
“RESTO CENDOL ES CENDOL GADING”
SHERLY NURMAN(46211738),2DA01

SOAL:
1.Kapan dia memulai usaha,dimana,dan apakah dengan usaha yang sama?
Jawab:
*Nurhuda memulai usahanya pada tahun 1991,saat usianya 17 tahun
*Temapat awal ia memulai usahanya adalah di Bandung,Jawa barat
*Usaha yang dijalankan sampai sekarang adalah sama dengan usaha yang mulanya dirintis,yaitu bisnis es cendol
2.Apakah ia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
Jawab:
Iya,selain memiliki resto cendol,ia juga memebuat bisnis waralaba dan membuka beberapa cabang di beberapa daerah seperti Pontianak,Ambon,Surabaya,dan Jakarta.
3.Apakah sumber modal usahanya adalah dana sendiri atau dari luar,sebutkan berapa jumlah modal usahanya?
Jawab:
Sumber modal awalnya berasal dari dana sendiri,dana untuk modal usaha tersebut didapat dari hasil penjualan sepeda motor miliknya.
Jumlah modal usahanya untuk awal usaha adalah sebesar Rp.4.000.000
4.Dimana dia pada saat awal memasarkan produk?
Jawab:
Awal memasarkan produk dengan berjualan keliling kampong menggunakan gerobak di daerah bandung,jawa barat.
5.Apakah dengan produk yang sama?
Jawab:
Iya,yaitu escendol
6.Siapakah pemilik usaha tersebut pada saaat awal dan sekarang?
Jawaab:
Pemilik usahanya adalah dia sendiri,karena usaha es cendol ini adalah bisnis turun-temurun dari ayah dan kakeknya,tapi sekarang bisnis tersebut sudah menjadi miliknya sendiri.
7.Apakah bentuk kepemilikannya?
Bentuk kepemilikannya adalah waralaba dan ia juga mendirikan cabang di beberapa daerah seperti Pontianak,Ambon,Surabaya,dan Jakarta.
8.Berapa tenaga yang dikerjakan pada saat awal dan sekarang?
Jawab:
*Pada saat awal,ia menjalankan bisnisnya sendiri
*pada saat ini ia berhasil membuka 100 cabang,dengan tenaga 2 orang per cabang.
9.Apakah ada system manajemen tertentu pada saat awal dan sekarang?
Tidak dijelaskan,tapi kita dapat melihat selama usahanya berjalan dengan lancer berarti system manajemen sudah berjalan dengan baik,di bawah pimpinan Nurhuda sebagai manajer sekaligus pemilik bisnis.
10.Apakah aada oraang yang ditunjuk sebagai ketua/coordinator dalam kegiatan usaha tersebut?bagaimana cara penunjukkan ketua dan coordinator tersebut?
Jawab:
Ada,yaaitu yang ditunjuk sebagai coordinator adaalah pemilik dari masing-masing caabang es cendol tersebut,sementara yang menjadi ketuanya adalah para karyawan yang dapat dipercaya.
11.Apaakah pernah prestasi yang dicapaai oleh usaha tersebut?
Jawaab:
Prestasi yang pernah dicapai adalah Nurh7uda termasuk pemilik UKM es cendol yang sukses.Ia juga sering menjadi pembicara untuk acara keewwirausahaaan di Stasiun Televisi.
12.menurut anda,apakaah usaha tersebut dapat bertahan lama ldan berkembang?
Jawab:
Menurut saya,usaha ini dapatbertahan lama.Alasannya karena es cendol merupakan minuman tradisionaal yang tidak akan pernah “mati” di tengah masyarakat.Apalagi es cendol tersebut di buat dengan beraneka variasi rasa.Dengan membuka cabang di daerah lain secara otomatis usahanya lebih dikenal luas dan penjualan pun meningkat.Sehingga laba penjualaan tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk melakukan ekspansi usaha.