NURHUDA (38)
DARI ES CENDOL KELILING JADI PENGUSAHA
“RESTO CENDOL ES CENDOL GADING”
SHERLY NURMAN(46211738),2DA01

7 aspek kelayaakan usaha es cendol Nurhuda
evaluasi usaha ini meliputi 7 aspek sebagai berikut:

1.Aspek Pasar dan Pemasaran
Aspek pasar bisnis ini sangat menjanjikan.Mengingat es cendol adalah minuman yang sangat disukai oleh semua kalangan.
Bisnis ini menggunakan vertical marketing system dimana pelanggan dapat membeli langsung es cendol ke tempat panjualan es cendol.

2.Aspek teknis dan Teknologi
Teknik pengolahan dan teknologi yang digunakan sudah menggunakan mesin.Usaha ini mempertahankan teknis dan pembuatan es cendol secara tradisional.Nurhuda manggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan baku es cendolnya dan mempertahankan citarasa serta menambahkan beraneka variasi cita rasa es cendolnya.

3.Aspek Keuntungan(profit)
Sumber dana yang diperoleh rata-rata lebih besar dari penggunaannya.Sehingga bissnis ini selalu memperoleh keuntungan.Keuntungan tersebut digunakan untuk menambah modal bisnisnya yang akan digunakan sbagai ekspansi usaha.

4.Aspek manajemen
Aspek manajemen yang digunakan berbentuk horizontal.Manajemennya disusun sedemikian rupa.Dengan ketuanyanya adalah nurhuda sendiri.Sedangkan pengelolaannya dipercayakan kepada pengolah maasing-masing cabang.Nurhuda akan memberikan resep es cendol yang diilikinya kepada masing-masing pengolah bisnis di cabang,sehingga cita rasa es cendolnya selalu sama di manapun berada.
*planning:es cendol gading ini memiliki rencana yang sistematis untuk memperoleh laba dan telah memiliki cabang di wilayah lain.
*organizing:pengelolaan organisasi yang diterapkan nurhuda sangat flexible.
*Actuating:pelaksanaan kerja yang dilakukan sangat mamuaskan,mulai dari pelayanan kepada pelanggan dengan senyum,baik dan sopan,dan penyajian menu.
*controlling:pengontrolan usaha dilakukan setiap bulan,disini Nurhuda juga akan mengontrol perkembangan usaha,dan laporan keuangannya.

5.Aspek lingkungan dan budaya
Dilihat dari segi lingkungan fisik bangunan usaha resto gading sangat menarik.Ia lebih memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung.Desain waralabanya pun juga menarik.
Usaha ini telah berdiri sejak tahun1996 hinga sekarang.

6.Aspek kepastian hokum
Kepastian hokum dari usaha tersebut sudah jelas,usaha tersebut tidak akan berpindah-pindah(mobilitas).

7.Aspek social dan ekonomi
Usaha cendol ini sangat membantu perekonomian masyarakat sekitarnya.Karena bisnis ini membuka lapangan kerja bagi masyarakat ssekitar.Misalnya Nurhuda selalu merekrut masyarakat sekitar meenjadi karyawan es cendolnya.

Kesimpulan:
Dilhat dari 7 kelayakan usaha/evaluaasi usaha,,Usahaa es cendol ini memiliki prospek yang baik,sehingga bisa bertaahan dan berkembaang dditengah persaingan bisnis.