Kata pengantar

Daftar isi

BAB I        PENDAHULUAN

1.1    Latar belakang

1.2    Tujuan kegiatan

1.3    Jadwal/rincian kegiatan

BAB II       LAPORAN HASIL KUNJUNGAN

2.1    Penelitian tentang produksi tahu susu lembang

2.2    Penelitian tentang produksi T-shirt C59

BAB III     PENUTUP

3.1    Kesimpulan

3.2    Saran

LAMPIRAN FOTO

Kata Pengantar

Puji dan syukur akan selalu terucap ke hadirat Allah SWT,karena berkat rahmat dan karunia-Nya proses penulisan laporan kegiatan kuliah lapangan (KKL) dapat diselesaikan dengan baik.Penulisan laporan ini di buat dengan maksud memberitahukan hasil dari kegiatan kuliah lapangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 februari 2012 laporan kuliah lapangan ini di tulis berdasarkan sentra usaha yang di kunjungi selama melakukan kegiatan kuliah lapangan. Adapun sentra usaha yang dikunjungi adalah pabrik tahu susu lembang (TSL),garmen t-shirt C59 dan bali heaven.

 

Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada  pihak-pihak yang telah membantu dalam membimbing selama kegiatan kuliah lapangan berlangsung.Pihak-pihak tersebut adalah Direktur program diploma tiga bisnis dan kewirausahaan,bapak dan ibu dosen,serta kakak-kakak pembimbing.Laporan ini tentunya tidak luput dari dari kekurangan dan kesalahan untuk itu kami mohon kritik dan sarannya.Semoga laporan ini dapat memenuhi persyaratan akhir dari kegiatan kuliah lapangan.

 

Peyusun

Kelompok satu

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

Latar Belakang Kuliah Lapangan

 

Seiring dengan berakhirnya kegiatan perkuliahan semester 1 maka kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma angkatan 2011/2012 mengikuti kegiatan kuliah lapangan yang berguna untuk memberi  wawasan dan pengalaman untuk memulai bisnis/wirausaha baik dari aspek tentang sentra usaha produsi,pemasaran dan distribusi produk ,serta berinteraksi langsung dengan pelaku usaha.Setelah kegiatan kuliah lapanganselesai dilakukan maka mahasiswa/mahasiswi membuat suatu laporan dari hasil kegiatan kuliah lapangan tersebut sebagai syarat tugas dana bergulir di semester yang akan datang.

 

Sentra usaha yang dikunjungi terletak di kota Bandung.Adapun sentra usahanya adalah pabrik pembuat tahu susu lembang dan garment t-shirt C59,sedangkan tempat wisata belanja dan kuliner yang kami kunjungi adalahnuju sentra usaha  Bali Heaven.Perjalanan me nuju sentra usaha usaha tersebut dimulai dengan pabrik tahu susu lembang,kemudian garment t-shit C59 dan yang terakhir babali heaven.

 

Tujuan kegiatan

 

1.        Peserta dapat mengetahui proses produksi tahu susu lembang dan t-shirt C59.

2.        Mendapatkan tambahan ilmu untuk memulai suatu bisnis/usaha

3.        Mendapatkan kiat-kiat sukses dari pelaku sentra usaha.

Jadwal atau rincian kegiatan

Hari tanggal

Rabu,15 februari 2012

Rabu,15 februari 2012

Waktu Kegiatan

05.00-06.00

06.00-07.00

07.00-10.00

10.00-12.00

12.00-13.00

13.00-15.00

15.00-17.00

17.00-19.30

 

19.30-22.00

Kegiatan

Mahasiswa dan panitia berkumpul di kampus (Depok dan Kalimalang).

 

Mendata mahasiswa yang hadir oleh masing-masing ketua kelompok sebelum berangkat menuju Bandung.

 

Berangkat menuju ke Bandung.

Menuju sentra usaha tahu susu lembang.

 

Mahasiswa/i dan panitia makan siang dan sholat dzuhur.

 

Menuju sentra usaha t-shirt C59.

 

 

Menuju lokasi wisata belanja dan kuliner bali heaven.

 

Menuju pusat oleh-oleh pasteur di Subang.

 

Berangkat ke jakarta mahasiswa dan panitia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN

 

2.1 PENELITIAN TENTANG PRODUKSI

      TAHU SUSU LEMBANG

Profil/Sejarah Perusahaan

 

Di awal tahun 2008, Ferry Christianto, pengusaha factory outlet (FO) dan rumah makan di Bandung, tertarik ingin mengembangkan tahu. “Di pelosok Nusantara ini, kan, tahu sangat mudah ditemukan, tapi rasanya begitu-begitu saja. Makanya beliau berencana membuat terobosan dengan menciptakan tahu dengan resep yang berbeda.

Hal pertama yang dilakukan ferry adalah mencari campuran tahu yang bahannya tidak sulit ditemukan di kota tinggalnya. Setelah mencari, akhirnya dipilihlah susu sapi, salah satu produk yang terkenal di Lembang. Setelah diujicoba beberapa kali, kemudian dibukalah Tahu Susu Lembang (TSL) pada 21 Desember 2008. “Selain memproduksi susu, Lembang, juga merupakan kota tujuan wisata para wisatawan lokal. Tempat kami ini dekat dengan Tangkuban Perahu.

Meski dicampur susu, bahan dasar tahu ini tetaplah kacang kedelai. Keduanya diolah bersama mentega, sehingga bisa menghasilkan susu dengan tekstur yang lebih halus dan lembut, serta mengandung protein yang sangat tinggi.

i

“TSL membuat terobosan baru dengan menciptakan aneka resep tahu yang berbeda dan unik.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi
Mempertahankan kualitas tahu susu lembang yang dibuat dengan menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet dan menciptakan variasi rasa yang berbeda dari tahu lain.

Misi

  • Memberikan layanan prima kepada konsumen.
  • Meningkatkan nilai konsumsi.
  • Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat jajanan keluarga.

Lokasi usaha

 

Wisata ini terletak di Jalan Raya Lembang 177, Kabupaten Bandung Barat, dan beroperasi sejak bulan Desember 2008. Selain memang lingkungannya yang sejuk dan nyaman, wisata ini juga kental dengan konsep naturalisnya.

 

Proses produksi

 

Bahan-bahan :
1. Kacang kedelai;
2. Susu sapi;
3. Mentega;
4. Garam;
5. Bawang putih;
6. Kunyit;
7. Air.
PRODUKSI TAHU SUSU LEMBANG
Peralatan Yang Digunakan Dalam Produksi :
1. Tong pencucian kedelai;
2. Mesin giling;
3. Tunku perebusan kedelai;
4. Tong kayu;
5. Saringan besar dan kecil;
6. Serok cetak;
7. Cetakan;
8. Kayu pengaduk;
9. Tangok;
10. Kain saringan;
11. Kain cetakan;
12. Tampir.

 

Tahapan Proses Produksi :
1. Kacang kedelai direndam selama kurang lebih 4 jam;
2. Kemudian dicuci hingga bersih;
3. Setelah itu digiling hingga lembut;
4. Perebusan kacang kedelai yang sudah digilin kurang lebih 1 jam sambil diaduk-aduk.
5. Kacang kedelai disaring, dipisahkan antara ampas dan sari kedelai.
6. Sari kedelai dicampur susu murni, mentega, garam, serta biang.
7. Setelah mengental sari kedelai dimasukkan ke dalam cetakan kayu lalu di pres.
8. Setelah di cetak tahu susu dipotong-potong sesuai ukuran.
9. Tahu yang sudah di potong-potong lalu di ebus kembali sambil diberi bumbu.
10. Setelah dingin tahu dibungkus, dan siap diolah untuk konsumsi langsung.

 

 

 

Beberapa variasi tahu susu lembang

Variasi yang dibuat oleh sentra usaha ini adalah dengan adanya tahu yang berwarna kuning karena dicampur oleh kunyit dan berbagai macam bentuk variasi tahu seperti:

  • Tahu susu yang berbentuk takus
  • Tahu susu yang berbentuk kotak kecil

Kapasitas Produksi                       

Senin-jumat = 20 kali produksi dengan bermacam variasi.

Sabtu-minggu = 2-3 kali lipat lebih banyak dari hari kerja.

Teknologi yang digunakan

Teknologi yang digunakan masih sederhana yaitu masih menggunakan alat-alat sederhana seperti:

1. Tong pencucian kedelai;
2. Mesin giling;
3. Tunku perebusan kedelai;
4. Tong kayu;
5. Saringan besar dan kecil;
6. Serok cetak;
7. Cetakan;
8. Kayu pengaduk;
9. Tangok;
10. Kain saringan;
11. Kain cetakan;
12. Tampir.

Sentra usaha ini juga masih menjaga kualitas tahu yang dibuatnya sehingga belum bisa memakai alat-alat modern.

Kendala produksi

Bahan baku yang di gunakan untuk membuat tahu susu terbatas karena begitu banyak customer pada hari libur.

Cara pemasaran

Pemasaran pada sentra tahu susu Lembang dilakukan dengan cara didistribusikan pada agen-agen di bawah naungan satu perusahaan dan untuk pemesanan di luar daerah di lakukan melalui jasa kirim barang,biaya pengeriman di tanggung oleh pembeli.

 

 

 

 

Perkembangan pemasaran

Perkembangan pemasaran semakin meningkat karena tahu susu lembang dibuat beberapa variasi makanan dan minuman diantaranya : susu kacang kedelai,yogurht,dan lai-lain sehingga itu menambah pemasaran terhadap tahu susu lembang.

Luas area distribusi

Pabrik tahu susu lembang mempunyai luas 2 hektar.

Pemasaran terbesar

Jalan Raya lembang No.177 telp (022) 2789008 tepatnya di pabrik tahu susu Lembang Bandung.

Kendala pemasaran

Kendala pemarasan pada tahu susu lembang adalah pemasarannya yang hanya dilakukan pada agen-agen yang berada dalam satu naungan perusahaan sehingga menyulitkan customer yang ingin membeli.

Perkembangan omset

Kurang lebih sekitar 100-150 juta per/hari dan untuk hari libur bisa 2-3 kali lipat dari itu.

Jumlah karyawan

Sekitar 40-70 orang yang ada di pabrik tahu susus lembang termasuk owner.

Kendala umum usaha

minimnya tenaga kerja yang masih dikelola oleh pemilik sentra usaha tersebut.

Kiat-Kiat perusahaan

Pabrik tahu susu lembang harus selalu bersih,bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat tahu susu bahan yang alami tidak ada campuran zat kimia. pabrik ini juga harus mempertahan kualitas dan kuantitas demi menjaga kemajuan perusahaan.

 

 

 

 

 

2.2 PENELITIAN TENTANG PRODUK C59

Profil/Sejarah T-Shirt C59

PT Caladi Lima Sembilan adalah perusahaan yang bergerak dalam industri garmen, khususnya T-Shirt sablon. Resmi berdiri pada tahun 1980, tepatnya 12 Oktober 1980, bertepatan pula dengan pernikahan pasangan  Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati. Pada awalnya modal yang dimiliki perusahaan ini sangat terbatas, karena modal awal yang mereka gunakan untuk membuka usaha bukan hasil pinjaman dari bank, teman ataupun orang tua, melainkan dari hasil penjualan kado pernikahan mereka, sebesar Rp. 2,5 juta. Dengan hanya memiliki dua orang karyawan, sebuah mesin jahit dan satu mesin obras.

Nama C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwid, dan istrinya pertama kali tinggal, yaitu di Jalan “Caladi No.59, Bandung”. Alasannya sangat sederhana, yaitu agar pembeli lebih mudah apabila ingin memesan atau membeli lagi. Yang pada akhirnya dijadikan sebagai komitmen untuk memberikan layanan jasa terbaik, sesuai waktu dan kualitas yang diinginkan konsumen.

Model bisnis yang pertama kali dijalankan Pak Wiwid dan istrinya ini  adalah dengan melayani pesanan T-shirt bergambar (sablon) dari perorangan, sekolah-sekolah, perguruan tinggi maupun instansi Pemerintahan di Bandung. Pak Wiwid tidak hanya mendesai dan menyablon saja, tapi juga mengerjakan semuanya. Mulai dari menerima pesanan, membeli bahan, mencelup, menggunting, menyablon, menjahit, sampai mengemas. Walaupun pada saat itu pengerjaannya masih manual belum menggunakan computer.

Kemudian pada tahun 1985, C59  mulai menunjukan keunggulan dari segi bahan tshirt, jenis sablon, dan teknik pisah warna. Di samping itu C59 juga sangat memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan dapat mengikuti secara langsung bagaimana desain kaus pesanan tersebut di buat. Dan ternyata pesanan perusahaan semakin meningkat.

Tahun 1986 C59 beroprasi dengan 20 mesin jahit. Dan pada tahun 1990, C59 semakin berkembang dengan membangun pabrik dan fasilitas modern. Bersamaan dengan di bangunnya took retail (showroom) yang pertama di jalan Tikukur No.10. Pada tahun ini pula penjualan C59 semakin meningkat dengan dengan omzet di atas  Rp 1 miliar.

Periode tahun 1993-1994 C59 berdiri secara sah sebagai perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bapak Marius Widyarto Wiwied sebagai
Direktur Utama (hingga saat ini), yang di lanjutkan dengan ekspansi ke beberapa kota di Indonesia dengan membuka Toko sendiri dan bekerjasama dengan Ramayana Department Store sebagai saluran distribusi ke Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, ujung Pandang, Lampung dan Malang.

Berikut ini Perkembangan dan Prestasi C59 dari tahu 1996 – 2008:

  1. Tahun 1996 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memperoleh penghargaan Upakarti untuk Kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain itu pada tahun 1999 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memenangkan penghargaan Internasional Merit Award untuk kategori tema Kalender terbaik (Best Calender Theme).
  2. Tahun 2000 ( 20 tahun C59) mulai memasarkan produknya ke Eropa Tengah (Ceko, Slovakia dan Germany). Sedangkan untuk mengembangkan pasar Lokal nasional, C59 menjalin kerjasama dengan Matahari Departement Store. Yang kemudian konsep serta varian Produknya mengalami perubahan. Yaitu dari “ Basic Shirt “ ( kaos oblong ) menjadi “ Fashion Apparel “ dengan segmentasi kalangan remaja usia 14 – 24 tahun.
  3. Tahun 2001, C59 memperoleh peringkat pertama dalam ajang penghargaan Enterprise 50 ( 50 UKM Nasional Terbaik ) yang di selenggarakan oleh Accenture dan majalah SWA.
  4. Tahun 2002-2003 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) turut berperan dalam trend para kawula muda, dengan mengadakan “ C59 Street Fiesta ”, yang di selenggarakan di 3 kota besar di jawa, yaitu Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.
  5. Tahun 2004 PT. Caladi Lima Sembilan (C49) sesuai dengan slogannya “Express Your Style”, C59 turut ambil bagian dalam mengekpresikan
    music anak muda dalam ajang “ Indonesian Idol “, bekerjasama dengan sebuah Televisi Swasta Indonesia (RCTI) dan Fremantle Media Enterprises,Ltd. ( penyelenggara acara reality show dari America)
  6. Tahun 2007 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) mendapat penghargaan Hade Award dari Dinas Perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent Clothing Komunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat.
  7. Tahun 2008 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) bekerjasama secara resmi dengan Dekranasda Kota Bandung, Ardan Management Group, Saung Angklung Udjo, Miing fellowship, dan SMK 14/SMSR.

Tekad, keberanian, kreatifitas dan keyakinan Pak Wiwid lah yang membuat usaha ini terus berkembang hingga saat ini. Dan sekarang, Pak wiwid tinggal menikmati hasil usaha yang telah di rintis bersama istrinya tersebut dengan omset ratusan juta rupiah perbulannya.

Visi Misi Perusahaan

 

Visi       : Expres your style.

Misi      : Customerfaction,company profit,confident working atmosfer,control,collaboration,

clear mind,creativiti,creative.             (Sumber : www.scribd,com)

 

Lokasi usaha

Bandung    :

  • C59 Merak (pusat)  : Jalan Merak No.2 Bandung.
  • C59 gudang produksi : Jalan cigadung raya timur No.107 Bandung.
  • C59 Cihamplas : Jalan raya cihampelas No.113 Bandung.
  • C59 Buahbatu : Jalan buah batu No.239A Bandung.
  • C59 BIP : Jalan Bandung indah plaza Lt.2.

 

Luar Bandung :

  • C59 Cirebon : Jalan KS.Tubun No.3 Cirebon
  • C59 Jakarta   : Jalan RS Fatmawati No.39 Jakarta
  • C59 Yogyakarta : Jalan Kesehatan B-52 Yogyakarta
  • C59 Surabaya : Jalan Bogowonto No.17
  • C59 Balikpapan : Jalan Balikpapan H1 No.1
  • C59 Bali : Jalan Kuta bali No.18b Kuta.

 

Proses Produksi

 

  1. Pemotongan

Proses potong merupakan proses pertama yang dilakukan, dalam proses ini keterangan pada lembar kerja di realisasikan ke dalam bentuk potongan kaos sesuai dengan model yang diminta. Jumlah potongan yang dapat dihasilkan dalam sehari kurang lebih 2500 potong untuk oblong biasa (sport/raglan). Tata cara yang dilakukan oleh operator potong sebelum kain tersebut dipotong adalah sebagai berikut :

  • Memeriksa lembar kerja perintah kerja potong yang bertujuan untuk mempersiapkan jenis bahan/kain yang dipotong sesuai dengan permintaan.
  • Bahan yang sudah disiapkan tersebut, dihampar pada meja potong sampai dengan jumlah potongan yang diminta.
  • Dipola, yaitu bahan tersebut digambar modelnya di atas kain yang paling atas dengan memakai sejenis kapur.
  • Cutting , yaitu bahan yang sudah dipola tersebut dipotong mengikuti pola yang sudah ada.
  • Bahan yang sudah dipotong dipisah-pisah sesuai keterangan warna bahan per order,karena pada saat memotong bisa terdiri dari beberapa order. Bahan tersebut selanjutnya diberi kode dengan menempelkan nomor order pada selembar kertas diujung ikatan kain, supaya tidak tercampur

 

  1. Penyortiran

Tujuan dari proses ini adalah untuk menghindari adanya cacat kain, sebelum bahan tersebut disablon baik berupa goresan maupun lubang-lubang, juga untuk lebih memudahkan bagian sablon dalam proses printing, karena di bagian sortir badan kainyang akan disablon sudah dipisah sesuai keterangan pada LEMBAR KERJA ORDER.

 

 

  1. Penggambaran

Dari sekian yang ada nampaknya bagian ini yang paling vital, karena didalamnya terdapat beberapa unsur yang sangat berhubungan dengan bagian yang lainnya, mulai dari afdruk, stel, sablon serta keindahan dari gambar yang dihasilkan.Waktu yang diperlukan untuk bagian ini dalam kondisi normal adalah 2-3 hari.

 

  1. Afdruk

Untuk gambar yang sudah menjadi klise berarti sudah siap untuk diafdruk, klise tersebut harus disortir dahulu yang bertujuan untuk menentukan ukuran screen yangakan dipakai. Penentuan ukuran screen ini disesuaikan dengan besarnya gambar yangakan dicetak. Dalam proses afdruk ada beberapa tahap yang harus ditempuh sebelumscreen siap distel, diantaranya :

  • Penyortiran gambar (seperti uraian di atas)
  • Pemolesan screen dengan SUPER-X yang bertujuan agar gambar dari klise yangakan diafdruk bisa keluar, tetapi terlebih dahulu harus dikeringkan lagi setelah proses pemolesan tersebut.
  • Penyinaran, yang bertujuan menyinari screen yang sudah ditempeli dengan klise agar gambarnya bisa keluar/ada dalam screen.
  • Penyemprotan, dalam tahap ini screen yang sudah selesai disinari disemprot dengan air agar partikel-partikel screen (monil) dapat lepas sehingga membentuk gambar seperti pada klise. Dalam proses ini operator harus berhati-hati supayascreen tidak sampai jebol/rusak.
  • Pengeringan sekaligus penambalan, Screen yang masih dalam keadaan basah setelah disemprot dijemur/dioven agar cepat kering, yang selanjutnya screentersebut ditambal dengan sejenis obat yang berguna menutup screen yang bocor dan bilamana proses tersebut sudah selesai berarti sudah siap untuk distel.

 

  1. Penyetelan

Tujuan dari proses ini agar gambar yang disablon letak gambarnya bisa tepat antara tiap warna, karena dalam satu gambar bisa terdiri dari beberapa warna. Cara yang biasa dilakukan biasanya dengan mencoba menyablonnya pada selembar kain putih agar hasil sablonnya bisa lebih jelas kelihatan. Kemudian tiap screen yang akan distel posisi gambarnya dibuat pas dengan gambar pada kain tersebut. Kapasitas stel normal sehari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB adalah 24 order.Waktu yang diperlukan proses ini 1 (satu) hari dalam kondisi normal.

 

  1. Penyablonan

Proses ini dapat terlaksana bila didukung oleh 3 faktor yaitu bahan yang akan disablon, obat, dan screen yang sudah distel Untuk setiap operator sablon didampingi oleh dua orang pembantu/knek, bilamana satu knek atau sebaliknya tidak hadir, proses tersebut tidak bisa jalan, sehingga kerjasama dan kekompakan sangat perlu pada bagian ini, mengingat sistem kerjanya TEAM WORK. Kapasitas normal untuk bagian sablon per hari dapat mencapai 8.000 potong, sudah termasuk TS (tanpasambungan) untuk interval waktu 24 jam.

 

  1. Press/penyetrikaan

Pada tahap ini bahan yang sudah disablon harus dipress terlebih dahulu agar hasil sablonnya lebih bisa tahan lama dan tidak bau obat/cat sablon. Dalam proses ini nampaknya tidak terlalu banyak kendala yang berarti dan waktu yang diperlukan adalah 1 (satu) hari dengan kapasitas perhari mencapai 3.000-4.000 potong.

 

 

  1. Jahit/pengobrasan

Bahan/kain yang sudah disablon disambung agar menjadi kaos yang yang sudah jadi (siap pakai). Perlu diketahui sebelum diobras, kain yang siap tersebut dicocokkan dahulu kode bahannya, karena untuk setiap pemotongan bahan, warna kainnya tidak bisa sama (tidak matching) baru setelah itu

 

  1. Finishing

Tujuan dari proses ini adalah untuk membersihkan kaos/ oblong dari benang atau pun kotor- kotoran yang masih bisa di bersihkan dan untuk merapikan kaos/oblong tersebut dilipat untuk selanjutnya dimasukan kedalam plastik seal sampai dengan siap paket/ kirim.

 

 

 

  1. Pemaketan

Paket ini merupakan proses paling akhir dari rangkaian proses produksi yang ada, dan barang yang sudah packing dari bagian finishing dikirim kesetiap cabang dengan cara dikirim langsung oleh bagian ekspedisi/paket atau bisa dengan melalui jasa pengirim

 

Kapasitas produksi

Kapasitas produksi dalam sehari ada beberapa tahap yaitu:

  • Pemotongan : pada tahap ini kapasitas normal pada pembuatan t-shirt c59 kurang lebih 2500 potong/hari
  • Sablon: pada tahap ini kapasitas normal pada pembuatan t-shirt kurang lebih 8000 potong/hari,dan sudah termasuk untuk t-shirt tanpa sambungan
  • Press/setrika : pada tahap ini kapasitas normal pembuatan t-shirt mencapai 3000 sampai 4000 potong/hari

 

Teknologi yang digunakan

Dalam sentra usaha ini teknologi yang digunakan sudah cukup modern yaitu terdapatnya mesin – mesin untuk membantu dalam pembuatan t-shirt c59.

Kendala produksi

Cara pemasaran

Cara pemasaran produk ini melalui 2 proses,yaitu:pemasaran order dan pemasaran retail/eceran.

  • Pemasaran order : perusahaan menerima pesanan pembuatan produk t-shirt,polo,jacket,sweater,celana,kemeja dan yang paling penting c59 dapat memberikan konsultasi desain.
  • Pemasaran retail/eceran : perusahaan memproduksi t-shirt printing,jaket,kemeja dan menjualnya secara eceran melalui outlet yang dibuat oleh perusahaan.

Perkembangan pemasaran

Perkembangan pemasaran setiap tahunnya meningkat,karena adanya peningkatan mutu dan kualitas t-shirt yang semakin terbaik dan ditambah lagi dengan merk c59 yang semakin terkenal dikalangan umum.

Luas area produksi

Pada awalnya memulai produksi dirumah pemilik perusahaan ini yang berukuran 60m2,selain dirumahnya dia juga memiliki sebuah pabrik di atas tanah seluas 4000m2 didaerah bandung.

Penyebaran pemasaran

Pemasarannya tersebar di seluruh wilayah indonesia bahkan luar negeri,seperti: slowakia,polandia,czech,dan bahkan sudah merambah jaringan metro dep.store di singapura.

Kendala pemasaran

Terdapat pada harga barang  itu sendiri dimana marketing sulit untuk menentukan harga.

 

Pengembangan omset

Sentra usaha tersebut memproduksi barang sesuai pesanan jadi bisa di lihat dari pesanan-pesanan tersebut omset yang didapatkan

Jumlah karyawan

Jumlah karyawan yang terdapat di sentra usaha tersebut kurang lebih 4000 karyawan.

Kendala umum usaha

Kebanyakan kendala datang dari luar usaha yang di maksud di sini adalah pemesan barang, tapi tidak menutup kemungkinan datang dari sentra usaha itu sendiri, karena biasanya barang yang di pesan tidak sesuai dengan yang di inginkan.

Kiat-kiat perusahaan

Perusahaan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi,lembut,dan cat sablon tidak mudah luntur,kiat-kiat tersebut selalu di jaga dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

 

 

3.1 Kesimpulan

 

Kesimpulan dari laporan kuliah lapangan ini adalah :

Di awal tahun 2008, Ferry Christianto, pengusaha factory outlet (FO) dan rumah makan di Bandung, tertarik ingin mengembangkan tahu. “Di pelosok Nusantara ini, kan, tahu sangat mudah ditemukan, tapi rasanya begitu-begitu saja. Makanya beliau berencana membuat terobosan dengan menciptakan tahu dengan resep yang berbeda. Hal pertama yang dilakukan ferry adalah mencari campuran tahu yang bahannya tidak sulit ditemukan di kota tinggalnya. Setelah mencari, akhirnya dipilihlah susu sapi, salah satu produk yang terkenal di Lembang. Meski dicampur susu, bahan dasar tahu ini tetaplah kacang kedelai. Keduanya diolah bersama mentega, sehingga bisa menghasilkan susu dengan tekstur yang lebih halus dan lembut, serta mengandung protein yang sangat tinggi.

 

PT Caladi Lima Sembilan adalah perusahaan yang bergerak dalam industri garmen, khususnya T-Shirt sablon. Resmi berdiri pada tahun 1980, tepatnya 12 Oktober 1980, bertepatan pula dengan pernikahan pasangan  Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati. Pada awalnya modal yang dimiliki perusahaan ini sangat terbatas, karena modal awal yang mereka gunakan untuk membuka usaha bukan hasil pinjaman dari bank, teman ataupun orang tua, melainkan dari hasil penjualan kado pernikahan mereka, sebesar Rp. 2,5 juta. Dengan hanya memiliki dua orang karyawan, sebuah mesin jahit dan satu mesin obras. Nama C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwid, dan istrinya pertama kali tinggal, yaitu di Jalan “Caladi No.59, Bandung”. Alasannya sangat sederhana, yaitu agar pembeli lebih mudah apabila ingin memesan atau membeli lagi. Yang pada akhirnya dijadikan sebagai komitmen untuk memberikan layanan jasa terbaik, sesuai waktu dan kualitas yang diinginkan konsumen.Setiap tahunnya produksi t-shirt semakin meningkat dan pabriknya semakin besar.

 

3.2 Saran

 

Distribusi penjulan lebih di perbanyak lagi agar pelanggan lebih mudah untuk membelinya dan harus tetap menjaga kualitasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

TAHU SUSU LEMBANG

*tampilan depan rumah produksi tahu susu lembang              *contoh tahu yang sudah jadi

     *gambar tahapan – tahapan proses produksi

*tempat pembuatan tahu susu lembang                                               *kedelai adalah bahan khusus untuk pembuatan tahu

*tempat proses pencucian bahan – bahan yang akan diproses menjadi tahu

 

 

C59

*contoh toko yang didirikan c59                                             *proses pengeringan sablon

*proses penyablonan dengan menggunakan printing

*proses penjahitan dalam pembuatan t-shirt c59

*proses pengobrasan dalam pembuatan t-shirt c59

*contoh t-shirt yang sudah jadi

 

 

 

 

 

 

MODAL MINIMAL,KEUNTUNGAN MAKSIMAL

 

BISNIS SAMPAH

 

Tak cukup hanya prihatin mlihat kerusakan lingkungan  yang semakin hari semakin parah.Sebaagai penghuni bumi,sudah selayaknya kita menunjukkan kepedulian dan melakukan perubahan.

Jika usaha pelestarian lingkungan  sekaligus membawa penghasilan,tentu lebih menyenangkan.Salah  satu caranya adalah “Berbisnis ramah lingkungan”.

Bisnis ramah lingkungan dikenal dengan nama “eco business”.Kata “eco “berasal dari ecology yang brarti lingkungan.

Dalam lingkup sempit,pengertiannya menjadi pengelolaan lingkungan.Salah satu contohnya adalah bisnisdaur  ulang sampah.

Visi bisnis daur ulang sampah:

1.Memperbaiki kondisi lingkungan

2.Mendapatkan laba.

Bisnis ini tidak semata-matahanya untuk mencari keuntungan,melainkan untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Prinsip – prinsip utama bidang usaha ini adalah selarasdengan alam dan  tidak mengeksploitasi alam. Itulah sebabnya eco businessmemiliki peran memperbaiki kondisi lingkungan yang buruk.

Biasanya ada 3 metode yang digunakan dalam eco business:

  • 1.Mendaur ulang(recycle)
  • 2.menggunakan kembali(rause)
  • 3.Mengurangi(reduce)

 

1.Kerajinan Daur Ulang Sampah                                                                                                                                       

Masalah sampah yang utama saat ini adalah  sampah yang tidak bisa atau sulit terurai dengan alam.Ada sampah plastic,kaleng,kaca,kain,busa,dan lain sebagainya.

Sampah yang memakan waktu lama untuk terurai sering menimbulkan masalah baru.

Untuk bias digunakan kembali,barang itu pertama-tama mesti memiliki fungsi.Setelah itu secara otomatis barang tersebutakan memiliki nilai jual yang dimanfaatkan sebagai potensi bisnis.

Umumnya barang hasil proses daur ulang ini berfungsi sebagai pelengkap aktivitas sehari-hari dan aktivitas rumah  tangga.

Bahan dasar produk kerajinan ini bias berasal dari mana saja.Bisnis ini membuka akses untu berkreasi dengan bahaan apa saja.seperti kain,plastic,karton,kertas,dan lain sebagainya.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam bisnis ini adalah:

1.Bahan

Bahan untuk bisnis kerajinan daur ulang sampah sangat melimpah.Karena bebas menggunakan bahan apa saja.segala kemungkinanterbentang luas didepan kita.Kita juga  bias mendapatkannya dari berbagai sumber,diantaranya pemulung,toko atau warung,pabrik dan lain-lain.

2.Biaya Produksi

Untuk urusan ini.biayanya cenderung murah.Yang diperlukan adalah kreativitas untuk mencipta.

Bukan tidak mungkin kita sudah memiliki alat-alat  produksi di rumah kita sendiri.Misalnya:meesin jahit untuk membuat tas,le,cat air dan lain sebagainya.

3.Harga

Di satu sisi,produk-produk ini pantas di hargaai tinggi karena dibuat dengan tangan.Ada upah karena kita telah berkontribusi mengubah  sampah nenjadi sebuah produk dengan fungsi.

Disisi lain,apabila produk yang kita buat bersifat umum,contohnya tasw,kita tidak bias mematok harga terlalu mahal.Adabaanyak calon pelanggan yang akan membandingkan harga kerajinan yang kita buatdengan harga kerajinan lain yang serupa.

 

 

 

 

 

Kiat – kiat sukses

Kiat –kiat sukses supaya usaha bisa berjalan lancar:

1.Jual nilai yang terkandung didalamnyaa,bukan produknya.Kita harus aktif mengedukasi orang-orang tentang pelestarian lingkungan.Mengemas informasi semenarik mungkin.Misalnya “Membeli berarti mengurangi sampah di lingkungan”.

Bercerita mengenai proses pembuatannya yang unik.Itu yang di jual,bukan produknya sendiri.Kalau hanya menjual produknya,bias-bisa kita merugi karena banyak produk lain yang bentuknya juga sama memikatnya.

2.Bekerja sama dengan pengecer atau pengusaha lain yang juga peduli lingkungan.Dengan visi yang sama,produk-produk kita bias dipasarkan dengan barang-barang nya.

3. Lakukan penjualan langsung kepadaa pelanggan potensial.Pelaanggan potensial adalah orang-orang yang ingin meningkatkan nilai dirinya.

Salah satu anggota komunitas-komunitas peduli lingkungan hidup.Mereka sudah mulai memiliki kesadaran untuk melestaarikan lingkungaan dan lebih tertari menggunaakan produk ini.

4.Bekerja sama dengan pabrik atau sumber lain sebagaai penyedia bahan.Beberapa pabrik menjual sisa-sisa bahan ini dengaan haarga murah,naamun aadaa jugaa yang meemberikan dengan harga cumaa-Cuma.(sumber:Mike Rini”Konsultan keuangan dari MRE Finansial and business  Advisory)

 

2.Pupuk Alami(Kompos)

Bisnis  pupuk alami juga merupakan lahan usaha yang murah  dan menguntungkan.

Bahannya berasal dari sampah basah yang jumlahnya melimpah,terutama sampah rumah tangga.Dengan membuat pupuk sendiri kita dapat menangani masalaah sampah.Selama ini sampah yang dibuang hanya dialokasikan dari rumah ke tempat pembuangan sampah(TPS).Dari TPS saampah dibawa lagi ke tempat pembuangan akhir(TPA) tanpa ada penyelesaian.Akibatnya sampah terus menumpuk tanpa terolah sehingga merusak lingkungan disekitar TPA.

Untuk mengurangi dampak buruk sampah,kita bias mengolahnya menjadi pupuk yang berguna bagi tanaman,terutama pupuk kompos.Biasanya pupuk kompos dibuat dalam bentuk padat,tetapi membuat kompos cair dengan teknologi tepat guna juga sangat bisa dilakukan.

Keunggulan kompos cair adalah pengaplikasiannya mudah.Selain itu,kompos cair lebih cepat diserap tanaman daan bisa digunakan saatu kali seminggu saja.

 

Hal-hal yang harus dicermati dalam menjalankan bisnis pupuk alami:

1.Bahan

Bahan harus memerlukan perhatian khusus.Alasannya adalah karenaa kita tidak bisa hanya mengandalkan  sampah rumah tangga untuk menjalankan usaha ini.Jumlah sampah basah banyak,namun tersebar dan kita harus mencarinya sendiri.

2.Biaya produksi

Sebagai pemula,kita tidak perlu  mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan-bahan pembuatan pupuk,terutama yang notabane adalah sampah basah.

Kegelian orang dengan sampah yang berpotensi besar menghasilkan keuntungan,jadi tidak mustahil jika kita bisa mendapatkan sampah dengan cuma-cuma.

3.Harga

Berbeda dari kerajinan daur ulang,produk pupuk alami bisa diberi harga lebih tinggi dibanding pupuk lain.Ini dikarenakan tidak adanya bahan kimia yang terkandung dalam pupuk.jadi penggunaannya jauh lebih aman.

 

Kiat-kiat sukses:

1.Komunikasikaan nilai-nilai bisnis ramah lingkungan.Dengan cara ini kita bisa membangkitkan  kepedulian orang terhadap lingkungan,mencapai idealisme pribadi,dan sekaligus mendapatkan keuntungan.

Kepedulian itu kita jadikan  nilai ekonomis.misalnya dengan cara menjual pupuk dan paket lainnya,supaya orang bisa bercocok tanam sendiri di rumah.

 

2.Bersabar dan mengalokasikan waktu khusus untuk edukasi.Memang benar bahwa mendapatkan pelanggan usaha ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.Tetapi sekalinya ada yang membeli,ia akan menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu panjang.

 

3.Targetkan pembeli dari komunitas pecinta alam dan pebisnis makanan organic.Merekalah yang mempunyai perhatian lebih akan lingkungan,komunitas pecinta alam.

 

Alat Yang Diperlukan

Semua alat ini bisa didapatkan  di toko pertanian,toko tanaman,ataupun pasar swalayan:

1.Komposter aerob

Alat yang terbuat dari kantong plastic yang diberi pipa untuk keluar masuknya udara.Digunakan agar sampah organic semakin mudah membusuk dan jadi kompos.

2.bioaktifator

Sejenis bakteri aktif yang menguntungkan.Tidak merusak atau tidak berbahaya karena bakteri ini ramah lingkungan.Fungsinya untuk mempercepat proses  pembusukan dan sangat berperan untuk menghilangkan bau busuk yang timbul.

3.semprotaan(spray)

Berfungsi sebagai alat penyemprot bioaktifator.

 

Cara Pengolahan(kompos cair):

1.Kumpulkan sampah organic.

Sampah ini sifatnya mudah busuk dan tidak tahan lama bila disimpan.Sampah organic sangat mudah didapat karena berada di  sekitar lingkungan rumah kita,misalnya sisa dapur atau daun-daunan dari halaman.

2.Rajang sampah berukuran besar  sehingga menjadi 1-2 cm.Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pembusukan sampah.

3.Masukkan  hasil rajakan sampah ke dalam komposter,lalu semprotkan bioaktifator tepat pada sampah yang telah di rajang tersebut.Kemudian tutup  rapat komposter.Kita juga bisa menyemprot bioaktifator pada sampah sebelum dimasukkan kedalam komposter.Pastikan semprotannya menyeluruh.

4.Ulangi proses tersebut setiap kali akan memasukkan sampah ke dalam tong komposter.Setelah kurang lebih dua minggu,kompos cair pun terbentuk dan sudah langsung digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     MODAL MINIMAL,KEUNTUNGAN MAKSIMAL

 

BISNIS SAMPAH

 

Tak cukup hanya prihatin mlihat kerusakan lingkungan  yang semakin hari semakin parah.Sebaagai penghuni bumi,sudah selayaknya kita menunjukkan kepedulian dan melakukan perubahan.

Jika usaha pelestarian lingkungan  sekaligus membawa penghasilan,tentu lebih menyenangkan.Salah  satu caranya adalah “Berbisnis ramah lingkungan”.

Bisnis ramah lingkungan dikenal dengan nama “eco business”.Kata “eco “berasal dari ecology yang brarti lingkungan.

Dalam lingkup sempit,pengertiannya menjadi pengelolaan lingkungan.Salah satu contohnya adalah bisnisdaur  ulang sampah.

Visi bisnis daur ulang sampah:

1.Memperbaiki kondisi lingkungan

2.Mendapatkan laba.

Bisnis ini tidak semata-matahanya untuk mencari keuntungan,melainkan untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Prinsip – prinsip utama bidang usaha ini adalah selarasdengan alam dan  tidak mengeksploitasi alam. Itulah sebabnya eco businessmemiliki peran memperbaiki kondisi lingkungan yang buruk.

Biasanya ada 3 metode yang digunakan dalam eco business:

  • 1.Mendaur ulang(recycle)
  • 2.menggunakan kembali(rause)
  • 3.Mengurangi(reduce)

 

1.Kerajinan Daur Ulang Sampah

Masalah sampah yang utama saat ini adalah  sampah yang tidak bisa atau sulit terurai dengan alam.Ada sampah plastic,kaleng,kaca,kain,busa,dan lain sebagainya.

Sampah yang memakan waktu lama untuk terurai sering menimbulkan masalah baru.

Untuk bias digunakan kembali,barang itu pertama-tama mesti memiliki fungsi.Setelah itu secara otomatis barang tersebutakan memiliki nilai jual yang dimanfaatkan sebagai potensi bisnis.

Umumnya barang hasil proses daur ulang ini berfungsi sebagai pelengkap aktivitas sehari-hari dan aktivitas rumah  tangga.

Bahan dasar produk kerajinan ini bias berasal dari mana saja.Bisnis ini membuka akses untu berkreasi dengan bahaan apa saja.seperti kain,plastic,karton,kertas,dan lain sebagainya.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam bisnis ini adalah:

1.Bahan

Bahan untuk bisnis kerajinan daur ulang sampah sangat melimpah.Karena bebas menggunakan bahan apa saja.segala kemungkinanterbentang luas didepan kita.Kita juga  bias mendapatkannya dari berbagai sumber,diantaranya pemulung,toko atau warung,pabrik dan lain-lain.

2.Biaya Produksi

Untuk urusan ini.biayanya cenderung murah.Yang diperlukan adalah kreativitas untuk mencipta.

Bukan tidak mungkin kita sudah memiliki alat-alat  produksi di rumah kita sendiri.Misalnya:meesin jahit untuk membuat tas,le,cat air dan lain sebagainya.

3.Harga

Di satu sisi,produk-produk ini pantas di hargaai tinggi karena dibuat dengan tangan.Ada upah karena kita telah berkontribusi mengubah  sampah nenjadi sebuah produk dengan fungsi.

Disisi lain,apabila produk yang kita buat bersifat umum,contohnya tasw,kita tidak bias mematok harga terlalu mahal.Adabaanyak calon pelanggan yang akan membandingkan harga kerajinan yang kita buatdengan harga kerajinan lain yang serupa.

 

 

 

 

 

Kiat – kiat sukses

Kiat –kiat sukses supaya usaha bisa berjalan lancar:

1.Jual nilai yang terkandung didalamnyaa,bukan produknya.Kita harus aktif mengedukasi orang-orang tentang pelestarian lingkungan.Mengemas informasi semenarik mungkin.Misalnya “Membeli berarti mengurangi sampah di lingkungan”.

Bercerita mengenai proses pembuatannya yang unik.Itu yang di jual,bukan produknya sendiri.Kalau hanya menjual produknya,bias-bisa kita merugi karena banyak produk lain yang bentuknya juga sama memikatnya.

2.Bekerja sama dengan pengecer atau pengusaha lain yang juga peduli lingkungan.Dengan visi yang sama,produk-produk kita bias dipasarkan dengan barang-barang nya.

3. Lakukan penjualan langsung kepadaa pelanggan potensial.Pelaanggan potensial adalah orang-orang yang ingin meningkatkan nilai dirinya.

Salah satu anggota komunitas-komunitas peduli lingkungan hidup.Mereka sudah mulai memiliki kesadaran untuk melestaarikan lingkungaan dan lebih tertari menggunaakan produk ini.

4.Bekerja sama dengan pabrik atau sumber lain sebagaai penyedia bahan.Beberapa pabrik menjual sisa-sisa bahan ini dengaan haarga murah,naamun aadaa jugaa yang meemberikan dengan harga cumaa-Cuma.(sumber:Mike Rini”Konsultan keuangan dari MRE Finansial and business  Advisory)

 

2.Pupuk Alami(Kompos)

Bisnis  pupuk alami juga merupakan lahan usaha yang murah  dan menguntungkan.

Bahannya berasal dari sampah basah yang jumlahnya melimpah,terutama sampah rumah tangga.Dengan membuat pupuk sendiri kita dapat menangani masalaah sampah.Selama ini sampah yang dibuang hanya dialokasikan dari rumah ke tempat pembuangan sampah(TPS).Dari TPS saampah dibawa lagi ke tempat pembuangan akhir(TPA) tanpa ada penyelesaian.Akibatnya sampah terus menumpuk tanpa terolah sehingga merusak lingkungan disekitar TPA.

Untuk mengurangi dampak buruk sampah,kita bias mengolahnya menjadi pupuk yang berguna bagi tanaman,terutama pupuk kompos.Biasanya pupuk kompos dibuat dalam bentuk padat,tetapi membuat kompos cair dengan teknologi tepat guna juga sangat bisa dilakukan.

Keunggulan kompos cair adalah pengaplikasiannya mudah.Selain itu,kompos cair lebih cepat diserap tanaman daan bisa digunakan saatu kali seminggu saja.

 

Hal-hal yang harus dicermati dalam menjalankan bisnis pupuk alami:

1.Bahan

Bahan harus memerlukan perhatian khusus.Alasannya adalah karenaa kita tidak bisa hanya mengandalkan  sampah rumah tangga untuk menjalankan usaha ini.Jumlah sampah basah banyak,namun tersebar dan kita harus mencarinya sendiri.

2.Biaya produksi

Sebagai pemula,kita tidak perlu  mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan-bahan pembuatan pupuk,terutama yang notabane adalah sampah basah.

Kegelian orang dengan sampah yang berpotensi besar menghasilkan keuntungan,jadi tidak mustahil jika kita bisa mendapatkan sampah dengan cuma-cuma.

3.Harga

Berbeda dari kerajinan daur ulang,produk pupuk alami bisa diberi harga lebih tinggi dibanding pupuk lain.Ini dikarenakan tidak adanya bahan kimia yang terkandung dalam pupuk.jadi penggunaannya jauh lebih aman.

 

Kiat-kiat sukses:

1.Komunikasikaan nilai-nilai bisnis ramah lingkungan.Dengan cara ini kita bisa membangkitkan  kepedulian orang terhadap lingkungan,mencapai idealisme pribadi,dan sekaligus mendapatkan keuntungan.

Kepedulian itu kita jadikan  nilai ekonomis.misalnya dengan cara menjual pupuk dan paket lainnya,supaya orang bisa bercocok tanam sendiri di rumah.

 

2.Bersabar dan mengalokasikan waktu khusus untuk edukasi.Memang benar bahwa mendapatkan pelanggan usaha ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.Tetapi sekalinya ada yang membeli,ia akan menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu panjang.

 

3.Targetkan pembeli dari komunitas pecinta alam dan pebisnis makanan organic.Merekalah yang mempunyai perhatian lebih akan lingkungan,komunitas pecinta alam.

 

Alat Yang Diperlukan

Semua alat ini bisa didapatkan  di toko pertanian,toko tanaman,ataupun pasar swalayan:

1.Komposter aerob

Alat yang terbuat dari kantong plastic yang diberi pipa untuk keluar masuknya udara.Digunakan agar sampah organic semakin mudah membusuk dan jadi kompos.

2.bioaktifator

Sejenis bakteri aktif yang menguntungkan.Tidak merusak atau tidak berbahaya karena bakteri ini ramah lingkungan.Fungsinya untuk mempercepat proses  pembusukan dan sangat berperan untuk menghilangkan bau busuk yang timbul.

3.semprotaan(spray)

Berfungsi sebagai alat penyemprot bioaktifator.

 

Cara Pengolahan(kompos cair):

1.Kumpulkan sampah organic.

Sampah ini sifatnya mudah busuk dan tidak tahan lama bila disimpan.Sampah organic sangat mudah didapat karena berada di  sekitar lingkungan rumah kita,misalnya sisa dapur atau daun-daunan dari halaman.

2.Rajang sampah berukuran besar  sehingga menjadi 1-2 cm.Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pembusukan sampah.

3.Masukkan  hasil rajakan sampah ke dalam komposter,lalu semprotkan bioaktifator tepat pada sampah yang telah di rajang tersebut.Kemudian tutup  rapat komposter.Kita juga bisa menyemprot bioaktifator pada sampah sebelum dimasukkan kedalam komposter.Pastikan semprotannya menyeluruh.

4.Ulangi proses tersebut setiap kali akan memasukkan sampah ke dalam tong komposter.Setelah kurang lebih dua minggu,kompos cair pun terbentuk dan sudah langsung digunakan.